Selasa, 08 Februari 2011

BORE MY PULSI UP


Heheheh… mencontoh sedikit judul dari sebuah topic meningkatkan performa BAJAJ PULSAR di situs Prides Online Community alias Jalur Hidup Penunggang Pulsar, bener po ra to terjemahane… hehehhee.. bukankah ON = Hidup, Line = Jalur, kalo bahasa inggris kan bacanya dibalik?! :)
Sudahlah kita tidak usah berdebat tentang bahasa inggris dan translate arti nama, yang pasti para pengendara Pulsar 200 cc  ini telah menemukan komunitas yang bisa memandu mereka dalam menemukan jalur hidup yang benar, hingga akhirnya berhenti kemari Huehehehehehhe Pada dapat wahyu apa kalian teman nyasar ke desa nyelempittt… :)
Satu hal motto yang keren banget dari komunitas ini adalah : “UNBREAKABLE BROTHERHOOD SPIRIT”, jadi hanya ada satu kata untuk menyambut teman-teman yang datang ke rumah kami : “WELCOME HOME BROTHER” dan kami akan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menciptakan UNBREAKABLE ENGINE PERFORMANCE for you guys…
Knalpot Ndeso Performa Kota :)
Knalpot Ndeso Performa Kota :)
Karburator KOSO di Bajaj P200
Karburator KOSO di Bajaj P200
Setelah melakukan modifikasi kecil-kecilan pada sektor pembuangan P200 milik Mr. H, serta peningkatan sistem karburasi memakai label KOSO dengan venturi inside diameter 34mm, tak lama mas bro H membawa kardus coklat lumayan gede, wah… kita sudah menyangka mau dikirimin parcel atau apa, aduh sorry bro bukannya gak mau, cuma kita tidak menerima hadiah barang atau pemberian apapun nanti takutnya disangka korupsi dan diperiksa KPK lak yo gak enak dewe to, jadi lucu ntar beritanya mekanik terkena dugaan kasus penyuapan.. Huakakakkaka…
Setelah dibuka “Hwaladalah…” Isinya seonggok blok dan cylinder head, Alhamdulillah order-order, katanya dari pulau Gajah.. minta mesinnya di Gang Bang habis.. tapi syaratnya banyak : Masih bisa minum premium (satu), Bisa dibuat turing ratusan Kilometer (tapi pake istirahat ya bro tar kalo turing, kalo ga istirahat kan sampeyan sendiri yang capek lho, tar anyang-anyangen lo… tau gak anyang-anyangen..?! Hehehehe) Ketiga bisa dibuat Gas Polll…!!! Krik..Krik..Krik… langsung garuk-garuk kepala… ciamik tenan kalo Request gak tanggung-tanggung…
Akhirnya kita ambil keputusan untuk melakukan bore up, yup cara mudah meningkatkan torsi pada putaran rendah hingga ketengah adalah melimpahkan ekstra kapasitas di jantung P200, pilihannya adalah piston mobil berdiameter 85mm… Huahahhahahahah Maunya! Tapi berhubung gak cukup, dan daripada-daripada… mendingan, mendingan (kok ngomongnya diulang-ulang kaya grup lawak Bajaj) kita pasang piston Yamaha Scorpio yang berdiameter 71mm beserta liner Kalajengking ke dalem cylinder block. Kelar proses Honing Selesai maka kita oprek-oprek cylinder head nya.
Lubang masuk dan buang pun tak luput dari sapuan bor tuner, porting dimulai… zzzuuuungggg…. cciiuuuttt… nggiiinnngggg… SLLUURRRPPP… (yang ini menikmati kopi hitam sedap ala R.A.T) FFiiuuhhh… (yang ini aliran hembusan rokok nikmat bintang lembut) Lanjut lagi… ZZZuuunggg… ciiuuutttt… ngiingg…
sp_a2594sp_a2613
Piston Scorpio Custom by R.A.T
Piston Scorpio Custom by R.A.T siap dipekerjakan
Setelah itu cylinder head ini kita rubah sudut klep supaya klep dengan diameter 5.5mm dan payung klep selebar 33/28 milimeter bisa pas dengan seating klep baru yang dibentuk 3 sudut seperti sikat gigi, dang..! Mengapa klep ini begitu kecil uy… untuk bore up dengan piston segede gajah. Alasan saya sederhana, mempertahankan perhitungan insinyur india, desain porting mereka beda, bentuk squish cyliner head beda, standard rasio klep terhadap diameter piston yang mereka buat pasti memiliki alasan tertentu :) dan kita di R.A.T hanya mengembangkan performa dari modal yang sudah ada.
Cylinder Head Bajaj Klep Gede
Cylinder Head Bajaj Klep Gede
Hmmm… satu kata : cantik! Cylinder head ini jadi begitu menawan dan performa yang dihasilkan nantinya akan bisa dirasakan untuk dinikmati. Sesuatu yang indah bukan melulu selalu untuk dipamerkan dan ditampilkan, selayaknya wanita yang cantik menawan namun khusus kita nikmati sendiri, yeah… inilah rasanya modifikasi mesin, orang lain tidak bisa melihat… karena kita lewat begitu cepat… whussss… priiittt… halah, sempritane sopo iku…
serupa tapi tak sama
serupa tapi tak sama

0 komentar:

Posting Komentar