Sabtu, 02 April 2011

Yamaha JupiterZ VS Honda Absolute Revo

absolute-revo

Sepertinya sekarang JupiterZ sudah mendapat lawan yang seimbang dari kompetitor terdekatnya. Memang Honda Blade juga menggunakan volume silinder 110cc, tetapi karena Absolute Revo baru diluncurkan, jadi kami mengkomparasi seperti ini saja ya….. JupiterZ yang satu ini diluncurkan pada bulan April 2006, banyak orang yang menyebut JupiterZ ini adalah JupiterZ Burhan (Burung Hantu). Inilah dia para petarung kita.
Performa
Walaupun kedua motor ini sama-sama menganut volume silinder 110cc, tetapi masalah performa ada bedanya juga loh… Bore X Stroke kedua motor ini berbeda. JupiterZ memiliki Bore X Stroke 51x54mm sedangkan Absolute Revo memiliki Bore X Stroke 50×55,6mm. Kalau dilihat dari Bore X Stroke kedua motor ini sama-sama menggunakan metode under Bore, hal ini dapat dikatakan bahwa motor ini cocok untuk harian. Sama-sama memiliki tipe mesin 4 langkah dengan penggerak klep SOHC dan pendingin mesin berupa udara. Perbandingan kompresi JupiterZ sebesar 1:9.3 dan Absolute Revo sebesar 1:9.0, artinya JupiterZ butuh oktan 92 dan Absolute Revo hanya butuh oktan 88. Luaran tenaga yang dihasilkan juga berbeda. JupiterZ dapat menyemburkan tenaga sebesar 8.8HP @ 8000rpm sedangkan Absolute Revo sebesar 8.46PS atau bila dikonversikan ke HP menjadi 8.37HP @ 7500rpm.
Desain
Dari segi desain, Absolute Revo memang berbeda dengan Supra fit ataupun Revo. Tetapi pada bagian head lamp Absolute Revo lebih mirip Supra X 125. JupiterZ memang mirip dengan burung hantu, itulah sebabnya mengapa JupiterZ cukup diterima kalangan masyarakat.
Fitur dan Keamanan
Masalah fitur memang tidak perlu di perhatikan lagi. Jelas Absolute Revo adalah pemenangnya, Sprocket Chain Stopper dan Key Secure Starter with fosfor sudah menjadi senjata pamungkas untuk mengalahkan JupiterZ. Untuk segi keamanan, kedua motor ini hampir sama. Sama-sama memiliki cakram hidrolik pada depan dan teromol pada bagian belakang.
Menurut anda, motor manakah yang layak menjadi pemenangnya ya?? Kalau saya, karena saya pake JupiterZ. Jadi yang menang teteplah JupiterZ….

0 komentar:

Poskan Komentar