Selasa, 08 Februari 2011

KOREK MESIN MOTORNYA LELAKI…!!!


Akhir-akhir ini semakin banyak yang nyasar ke desa Tropodo Indah, Sidoarjo. Dengan niat tulus dan tekad baja mereka berangkat dari seluruh penjuru negeri, halah.. intro nya lak mesti lebay hehe… Ini adalah salah satu sharing tentang modifikasi motor Megapro kami, dari sekian banyak mengapa kisah ini yang kami angkat, karena selain modifikasinya komplit tidak hanya setengah-setengah, juga kemarin juga dia tidak lupa membawakan rokok buat kita-kita, apalagi janji juga mau mengenalkan ke Julia Perez… glek! J
Suatu siang, sepulang saya dari membayar tagihan Listrik, Telepon dan Air, panas terik udara siang terasa menyengat di kulit dan mengucurkan keringat… Tetap kukayuh sepeda onthelku dengan semangat, semua pengorbanan dan kesederhanaan ini hanya kupersembahkan demi semua brother agar bisa menciptakan modifikasi mesin yang tetap murah meriah kencang. Heheheh.. sebenernya gara-gara Vespa nya lagi di bengkel cat buat modifikasi jiakakkakak ^_^
Begitu tiba di bengkel, masukin sepeda ke dalam rumah. Eh.. ndak taunya sudah ditungguin Koko-koko kueren abis, ki ra salah dolan po… kok style nya kayak seorang event organizer. Jadi inget juga waktu habis pulang nganterin UMI eh… sudah ditunggu gang motor dari Kediri. Sayangnya gak bawa oleh-oleh, gak masuk blas… ke mbah dukun kok ndak bawa sesajen. Wkwkkwkwkw… Lanjut, masih kemringet habis mancal-mancal malah langsung diajak diskusi tentang motornya, mau dipasrahkan untuk di Gang Bang oleh RAT. Wah, langsung semangat, melek, seger, ehmm… tak siapin jurus2 merayu ku dulu wkwkkwkw…
Dia menginginkan Stage 1 komplit untuk motornya, jadi saya jelaskan yang pasti nanti turun mesin untuk melakukan cylinder head n block overhauling. Pengerjaan modifikasinya adalah port and polished pada lubang pemasukan dan pengeluaran sisa pembakaran, dan jangan ketinggalan noken as sakti by RAT. Apapun modifikasinya, noken as nya tetep R.A.T!
Koko A. bertanya nanti jetting2nya dinaikkan gak bro, dan dengan tenang saya mengeluarkan Gunson Colortune milik bengkel dan berkata : Permintaan mesin nanti kita lihat apa kata busi transparan saja, kita carikan settingan terbaik hingga nyala api di ruang bakar sebiru kompor gas, maka sudah cukup itulah permintaan optimal dan efisien mesin. Lebih bagus bila perbandingannya 13 : 1, sedikit lebih basah, supaya mesin tetap adem setelah modifikasi dan digeber-geber sepanjang hari.
Ok, setelah ngobrol-ngobrol dan terkena es teh manis ala R.A.T, mahasiswa universitas petra Surabaya ini setuju untuk menyerahkan kunci motor, Stnk, dan waktu saya tanya BPKB, ngguyu tok areke.. wkwkwkkw…
Akhirnya saya pribadi mengantarkan Koko A. pulang, karena ternyata rumahnya deket. Dia cerita kalau pernah nyoba cari bengkel di surabaya hingga malang, ternyata cocoknya setelah tersesat di Desa RAT wkwkwk… di jalan doi terus cerita-cerita bahwa dia kalau bawa motor karakternya Keras, hobby ngegeber mesin ampe red line, aku mbatin : gimana kalau anak ini tak daulat jadi joki drag wae yo… wkkwkw… Pokoknya minta karakter mesin yang lincah dan sexy untuk meliuk-liuk di tengah kemacetan kota. Ok, boss…!!
Langsung proses operasi dimulai. Deng.. Deng… Tereng..
Huppp,, mrotoli mesin dan seperti biasa, sudah nggak kaget… mesinnya nggilani.. wueekkk…
Kop Megi yang nggilani
Kop Megi yang nggilani
Akhirnya yunus beraksi menjadi cleaning service… penting untuk membersihkan kerak2 mesin di ruang bakar selain untuk inspeksi maupun untuk mengembalikan kemampuan mesin, diukur dengan burrete dan nantinya dikepras silinder kop nya.
Kinclong...
Kinclong...
Nah, setelah bersih, baru kita lanjut ke tahap berikutnya apa anak2… Betul Porting. Sieeppp… berapa kapasitas megapro anak2… : 1600 cc pak, itu ada tulisan di bodynya!! Waduh, sapa itu yang jawab! Maju berdiri di depan kelas.. Stroke cuma 49.5mm dan piston 63.5mm ya kapasitas silinder itu volumenya 156 cc aja. Kamu salah mengukur detail cc nanti keliru lagi desain porting… wkwkkwkw..
Untungnya cuma stage 1, jadi pembesaran porting sebanyak 1mm sudah mumpuni lah… apalagi kalau sebelumnya kontur portingnya welek gini. :) Tugas kita cukup menyempurnakan, bukan re-shaping (membentuk ulang) seperti motor balap, ndak perlu itu. Untuk stage 1 yang penting geometri porting menjadi sempurna untuk mengalirkan flow.  Beberapa bagian saja yang perlu dibenahin dan diberi perhatian lebih, itu semua berkat buku baru porting wkkwkwkwk…
Porting Nggilani...
Porting Nggilani...
Setelah diamat-amati, oh.. ini to yang namanya offset port. Hmmm… baru tahu setelah diberi contoh oleh teman dari jogja, dalam sebuah perbincangan tentang offset port yang bagus untuk menghasilkan Swirl. Wkekekekek… Alah tancep ae langsung bor tuner nya. Dan akhirnya porting inlet selesai disulap menjadi sangat istimewa, oiya… salah satu tips untuk melakukan porting, sebaiknya waktu yang ideal adalah malam hari untuk finishing porting, dengan lampu sorot dan ruangan gelap. Kamu akan tahu mana titik mati porting, dan area-area yang tampaknya bisa dilakukan penyempurnaan. Kayanya mengkilap, tapi diraba agak kasar. Remember…!! ROUGH IS GOOD.
Porting Istimewa By R.A.T
Porting Head By R.A.T
Untuk porting exhaust seperti biasanya.. tak demek2… kok jemek.. halah.. Ternyata ini dipenuhin arang sisa gas buang. Hmmm gampang aja, tinggal liat nih fotonya before and after. Gimana caranya nih porting mampu mengalirkan udara sisa gas buang dengan cepat dan tidak terhambat. Kalau kebesaran bener loss… tapi nanti lambat, takutnya kesedot lagi. Kalau kekecilan takutnya menabrak sana-sini dan terlalu sesak. Akhirnya nyantol. Oleh sebab itu mbah Graham Bell menyarankan pokoknya porting ex dibuat 100 % dari diameter klep ex, selesai acara!
Porting Standard
Porting Standard
Look at this R.A.T Motorsport Porting Job
Look at this R.A.T Motorsport Porting Job
Sekarang, tangan mas wawan berpindah ke mesin gerinda camshaft. Mati kon… inilah saatnya memperkenalkan new technique dari R.A.T dalam menggrinding camshaft, dengan alat Cam Gak Pro, kita dial noken as, dimana posisi membuka 0.15mm itu berapa derajat, 1mm berapa derajat, lobe lifter, puncak LC dimana. Wah manteb deh, pokoknya meski katrok2… sekarang kalau mau order buka tutup berapa derajat monggo… apalagi ditemani oleh tabel timing noken as dan LSA dari Gandoz Tepepa disamping alat bubut cam… hmmm… sedep2. Noken as street : Suara mesin halus, suara knalpot bergenderang, lari kaya dijambak-jambak setan!!! Hekekekke mengutip pernyataan teman, bos bengkel Pandawa Motor Jakarta, tentang motor tigernya yang kuenceng.
Tinggalkan cara mengukur dengan sigmat, Dialing cam by R.A.T
Tinggalkan cara mengukur dengan sigmat, Dialing cam by R.A.T
Proses Grinding dengan santai...
Proses Grinding dengan santai...
Ini videonya waktu pemanasan pembentukan lifter camshaft…Video Memapas Lifter Noken As by R.A.T 
eh… lagi enak-enak membentuk lift ditelf pacar… wkwkwkw… lagi sibuk lagi sibuk. Kalau saat membentuk durasi masih rahasia ya boss, cuma untuk sponsor and partner yang bisa berbagi :)
Taraaa… jadilah sebuah camshaft untuk street riding. Alias noken as buat tarikan kota-kota… nanti yang buat grass track beda, buat naik gunung beda, buat turing beda… Enak to, manteb to… masak noken as racing kok sama semua se-Indonesia, orang suku dan budaya aja beragam, apalagi modifikasi mesin juga beragam. Tinggal katakan motor apa, berapa stroke nya, klep in dan exhaustnya brapa, dan aplikasi untuk apa, kemudian angkat telp sms ke : 085645577007. Kami akan buatkan sesuai keinginan kalian. Murah, meriah, kencang… :)
Noken As Street Racing Honda Megapro
Noken As Street Racing Honda Megapro
Selesai sudah pekerjaan kami… lho mas.. belum rasio kompresinya gimana? oiya… lali. Ini durasi noken as 285 derajat, lift dipangkas 0.8mm maka enaknya rasio kompresi yang pas adalah 10.5 : 1 angka itu didapat dari memapas cylinder head dan mengcustom ulang piston.
Hmmm… rasanya kurang lengkap jika modifikasi berhenti sampai disini. Upgrade pada area penerus daya menjadi fokus kami selanjutnya, judder spring dicopot dan diganti kampas penuh. Apa itu judder spring? Hehehhe… kalian pada ga tahu? Sama dong seperti waktu saya dulu belajar di HMTC Surabaya di test oleh kepala instruktur nya untuk kelulusan motor Megapro, apa fungsi Judder Spring langsung gelagapan… heheheh… ketara waktu bongkar-bongar motor cuma asal dibongkar pasang wkwkkw… bengal! Akhirnya waktu itu nanya yunus, dan sekarang pun kita bergabung satu tim di RAT Family, Bengkel kekeluargaan dan persaudaraan :D
Customize Piston By R.A.T
Customize Piston By R.A.T
Pengapian baru megapro ini disokong oleh CDI dari motor bebek, Suzuki Shogun Kebo 110. Selain unlimiter, pemasangan yang mudah tinggal colok dan plek. Upgrade sistem pembuangan dibantu dengan penyalur dari merk aftermarket dengan silincer tabung model Triovale kereennn… suaranya brum brum brumm.. whroooaamm!!!
Sip… setelah kopling tidak selip menempa daya besar dari modifikasi yang baru. Kok kita merasa masih ada yang kurang… Hmm.. setel ulang jetting, oalah pilot jet nya masih kekecilan ini kok pakai angka 38, akhirnya kita naikkan dua step. Geber habiss… Yeahhh..
Setelah selesai tes, akhirnya kita SMS koko A. untuk mengmbil motornya. Sayang saya tidak bertemu di akhir acara, karena ada urusan di bengkel mobil, tapi senang juga menerima sms dari Koko A :
” Bro… I Just took My Motorcycle, I Think I Like it. Hehe.. Keras. Apalagi di putaran atas ngga ada habisnya… Masio 11.000 RPM :p Thx y bro, jangan lupa di approve Facebook nya. Hehe…”

Mengerjakan Kepala Silinder / Cylinder Head / Dexel


Ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan tenaga maksimal dari mesin non-turbo (naturally aspirated) fokus utama kita tempatkan pada kepala silinder sebagai kunci utama. Ini adalah area dengan potensi yang memberimu peningkatan tenaga paling hebat.
Kenapa?
Well… dalam berbagai buku membangung mesin performa tinggi, rahasia untuk meningkatkan tenaga kuda pada mesin ialah dengan melesakkan lebih banyak udara dan mampu untuk mengeluarkan sisa pembakaran hingga bersih. Di lain kata, memodifikasi mesin agar memompa lebih banyak udara dengan meningkatkan aliran udara melalui kombinasi porting hisap dan buang dengan penuh perhitungan.
Head Racing Yamaha Jupiter MX :: RAT MOTORS ::
Head Racing Yamaha Jupiter MX :: RAT MOTORS ::
Dalam mesin motor, ada 3 area yang mempengaruhi air-flow. Lokasi ini harus potensial untuk dilakukan perubahan modifikasi.
1. System Intake (pemasukan) : termasuk filter udara, venturi karburator, manifold dan geometri porting.
2. System Exhaust (Pembuangan) : Porting buang, leher pipa knalpot, catalist konverter dan desain muffler
3. Kepala silinder : bentuk ruang bakar, dimensi klep, etc
Kali ini kita akan mendiskusikan cylinder head porting, meningkatkan aliran gas cara mekanik kuno! Kita juga akan mendiskusikan performa ignition timing pada CDI, noken as racing, timing yang sakti pada noken as, klep, dan area overlaping. Apa itu overlap? Ini penting untuk mendesain sebuah mesin balap.
rat-0042
Modifikasi porting kepala silinder adalah sebuah keahlian seni dan teknik yang bukan untuk pemula, harus dikembangkan dalam berjam-jam latihan. Jika kamu ingin berlatih tentang cylinder head porting, maka jangan langsung praktek kepada kepala silinder, beli beberapa intake manifold untuk berlatih. Kemudian jika sudah merasa bisa, pilihlah cylinder head yang masih mampu kamu beli jika nantinya rusak atau hasil yang didapat tidak memuaskan, jangan langsung main porting kepala silinder Kawasaki Ninja 250 R hehehe..
Pertama kali hal yang harus kamu tahu adalah, porting sebagaimana kami dulu, selalu berawal dari percobaan dan kegagalan, oleh karena itu kami disini berbagi agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Atau jika tidak ingin ada keraguan dalam hasil porting cylinder head, silahkan order pada kami, dan kami siap membantu dengan senang hati. Kamu bisa saja menggunakan sembarang bor listrik, tapi ingat, dalam melakukan head porting kecepatan momen puntir bor harus sangat-sangat cepat hingga 20.000 RPM lebih. Bisa juga kamu memakai bor beton yang biasa dipakai kuli bangunan, namun hasil yang didapat tentu tidak akan sama dengan porting dengan Profesional Tools.
Di datangkan langsung dari MEXICO
Di datangkan langsung dari MEXICO
Bor Tuner Pesanan Bengkel Mitra Jaya BONE
Bor Tuner Pesanan Bengkel Mitra Jaya BONE
Benar! Jika kamu sudah membaca semua itu, maka tidak ada salahnya berinvestasi pada alat tuning satu ini, selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk porting kepala silinder, juga memberi kepuasan tersendiri bagi pelanggan yang telah mempercayakan pengerjaan tuning head pada bengkel kita.
SENJATA PORTING TERBARU R.A.T ( 30.000 RPM :: FULL DIGITAL )
SENJATA PORTING TERBARU R.A.T ( 30.000 RPM :: FULL DIGITAL )
NOKEN AS ( KEM RACING )
Dua hal penting dari sebuah kem adalah durasi dan lift. Kedua parameter ini ditentukan dari cam lobe ( gunungan noken as). Durasi Noken as adalah waktu dimana klep mulai membuka di dalam silinder hingga ia menutup diukur dengan derajat kruk as. Lift adalah takaran seberapa tinggi klep ditonjok oleh gunung noken as hingga terangkat. Biasanya performa mesin akan meningkat apabila tinggi angkatan klep melebihi  26 % dari diameter klep. Sesungguhnya valve lift menghasilkan luasan area udara yang mampu dilepaskan porting ke dalam silinder. Bahkan ada yang memaksa hingga 30 % dari diameter klep dengan akselerasi cam yang cepat, tentu saja untuk menghasilkan tenaga kuda yang beringas sesuai dengan kemampuan mesin.
menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )
menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )
Catatan penting dari spesifikasi klep lainnya adalah : Gap (jarak) antar klep masuk dan klep buang, jarak bebas klep dengan piston dan tekanan kompresi. Hal inilah yang mempengaruhi durasi noken as. Valve lift hanya dibatasi oleh kemampuan pir klep untuk menahan tekanan dan membalikkan klep dengan cepat. Oleh karena itu pir klep keras dapat menambah RPM limit pada mesin.

CAM DURATION

Durasi kem diukur dalam bahasa internasional : derajat kruk as. Dan sebuah noken as performa dimulai dari durasi 270 derajat hingga 310 derajat. Durasi dibawah itu adalah untuk standard pabrikan ( motor harian ). Durasi lebih besar darai 310 derajat seringakali hanya akan membawa masalah dan membuat mekanik jatuh sakit mencari setingan yang pas, kemungkinan hanya dapat dipakai pada mesin extreme dan balap extreme seperti drag race!
Noken as yang baik kurus atau gemuk? Menurut kami cam kurus lebih spesial. Selain bobot rotasi noken as sendiri sudah berkurang, sehingga mempercepat akselerasi noken as, apalagi jika ditambah bearing Hi-Speed. Profil cam kurus memberi kejutan pada klep membuka lebih cepat, menjaga klep terbuka penuh sedikit lebih lama, dan menutup cepat. Ini meningkatkan Efisiensi Volumetris pada mesin, memungkinkan galon demi galon udara keluar masuk melalui silinder.
membuat durasi noken as
membuat durasi noken as
Jangan dilupakan, ketika memesan sebuah noken as , sebutkan tujuan pemakaian kendaraan, spec klep yang dipakai, karena setiap mesin itu istimewa, dan noken as yang pas tentu akan berbeda dengan noken as mesin lainnya. Semakin lama durasi noken as ( diatas 300 ) semakin tinggi puncak tenaga berada di RPM tinggi pula, dan semakin kasar stasioner mesin. Tenaga mesin di bawah akan dikorbankan. Juga, durasi noken as bertambah, overlaping klep semakin lama, torsi hilang. Efisiensi bahan bakar akan berkurang, emisi gas buang bertambah.
Noken as performa tinggi dimuali pada derajat 280. Noken as yang sering dijumpai dipasaran ini, meningkatkan overlaping klep namun tanpa mengorbankan banyak bahan bakar dan emisi karbon. Ini adalah noken as yang baik untuk Street Engine, yang hampir 99 % standard, shingga noken as ini mampu memproduksi tenaga yang baik hingga 7,000 RPM.
Noken as 290 derajat, membutuhkan ubahan pada kepala silinder : Perbaikan geometri porting lubang masuk dan buang. Dengan irama mesin yang lebih nge-ROCK mesin ini akan sangat bertenaga di rentang 3000 RPM hingga 8000 RPM.  Ini adalah batas akhir durasi untuk harian, sehingga tipe cam seperti ini disebut tipe SPORT.
Noken as 300 derajat akan mulai terasa bekerja diatas 4.000 RPM. Untuk mesin yang sudah mengalami ubahan bore up, maupun berbagai tune maka noken as ini akan dapat dinikmati. Power puncak diperkirakan pada 9.000 RPM. Yakinkan pir klep terbuat dari material yang bagus sehingga dapat menikmati luapan tenaga mesin tanpa takut akan terjadinya mesin jebol.
KEM RACING INDONESIA
KEM RACING INDONESIA

KARBURATOR KEIHIN :: SUDCO


KARBURATOR PE
“Karburator yang mampu memuaskan keinginan jutaan orang “
Alias karbu sejuta umat, disukai banyak orang karena fiturnya :
  • Ukuran venturi bebas memilih mulai dari 20mm ada, ampe segede gajah 38mm ada. Yang asli SUDCO bisa kalian liat tuh setelan gas (stasioner) warna item kecil. Jadi yang biasa kalian pake warna kuning itu adalah punya NSR SP, alias bukan SUDCO punya, bukan PE no.1 nya. Ya gpp namanya performa menyesuaikan kantong cekak hehehe..
  • SKEP bulat berlapis Chromium
  • Performa tinggi dengan harga ekonomis
Bagi penyuka kecepatan, cocok untukharian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm.
—————————————————————————————————————————————–

PJ Carburetors

“Karburator terbaik untuk motor 2 TAK”
PJ karburator sudah terbukti kemampuannya karena skep model oval yang unik ini. Memiliki kemampuan untuk membuat mesin memiliki respon jauh lebih cepat daripada karburator standard ber-skep bundar. Keuntungannya adalah akselerasi lebih cepat dan peningkatan performa mesin.
PJ Features
  • Oval skep dilapisi chrome licin untuk respon gas terbaik
  • Ukuran skpe lebar untuk menambah tenaga dan meningkatkan aliran udara pada RPM bawah ke tengah.
  • Mudah untuk setting basah dan mengontrol kecepatan
  • Kemudahan spare part dan ukuran jet
  • Model sangat popular
PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk ATV & Motocross. Karburator ini banyak di aplikasi bikers CBR 150cc dan lainnya.
—————————————————————————————————————————————–

PWK General: PWK Carburetors

“Menghasilkan tenaga tanpa kompromi”
Dunia motorcross kenal PWK. Karburator KEIHIN satu ini sangat dominan pada mesin motorcross, karena kehebatan performa mereka beradaptasi dengan banyak merk mesin pabrikan. Inilah Performa superior karburator KEIHIN.
PWK Features
  • Skep SEMI FLAT (D) dengan lapisan Chrome untuk respon sempurna dan flow lebih besar pada RPM tinggi
  • Ukuran mulut karburator yang lebih besar untuk maksimalisasi tenaga.
  • Kemudahan setingan karburator.
  • Quad Vents: Mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi
  • PWK Air Strikers: Mengarahkan udara langsung menuju nosel utama untuk membangkitkan sinyal dan respon gas
keihin sudco PWK ini khususnya yang ukuran venturi  28 telah banyak di gunakan oleh team road race motor balap indonesia  untuk kelas MP1 & MP2