Jumat, 02 Juli 2010

Apple Enggan 'Boyong' Bluray

CALIFORNIA - Perkembangan teknologi Bluray tak membuat vendor komputer Apple, terdorong untuk memboyongnya ke produk komputer besutannya, Mac. CEO Apple Steve Jobs menyatakan, takkan ada Bluray di Mac hingga kapan pun.

Jobs mengungkapkan hal tersebut dalam email balasannya kepada seorang pembaca MacRumors yang menanyakan tentang keemungkinan Bluray di Desktop Mac di masa mendatang. Demikian dilansir Crunchgear, Kamis (1/7/2010).

"Bluray hanyalah salah satu suksesor CD dan sama saja seperti format audio high-end lainnya dan ini akan dikalahkan dengan format download internet," tulis Jobs dalam emailnya.

Jobs mengatakan, format-format download melalui Hulu atau sistem rental di iTunes akan terus meningkat. Dan orang lebih memilih untuk mengunduhnya ketimbang harus membeli keping bluray.

Driver Bluray hanyalah pilihan alternatif, dan Apple takkan menambahkan driver pemutar Bluray.

Teknologi Bluray dikenal sebagai media penyimpanan optical disc yang sekarang ini digunakan untuk penyimpanan high-definition video dan data. Meskipun secara fisik serupa dengan CD dan DVD, blu-ray adalah lompatan besar, dalam hal format penyimpanan dan kapasitas memori. 

Teknologi blu-ray melibatkan penggunaan laser biru untuk membaca dan menulis data ke disk. Sebuah single layer disc blu-ray dapat menyimpan data 25GB, sedangkan dua layer disc blu-ray dapat menyimpan 50 GB data.(ugo)

0 komentar:

Posting Komentar